Total Tayangan Halaman

Cari Blog Ini

Jumat, 28 Januari 2011

Nikmatnya Sedekah

Mendermakan harta ada bermacam-macam cara. Ada yang bersifat wajib yang sering kita sebut dengan membayar zakat, dan juga yang bersifat sunah yang kadang orang sebut dengan istilah sedekah, hibah dan hadiah. Pernahkah didalam diri kita terbesit dengan sengaja pingin bersedekah terhadap orang lain?  Mungkin itu hanya sepintas dari ucapan kita yang waktu itu belum mendapatkan rezeki. Tapi ketika kita sudah mendapatkan rezeki terkadang kita pun sering lalai atau lupa bahkan dengan sengaja melupakan sesuatu yang sudah kita niatkan sebelumnya. Jika kita melihat semua itu mungkin kita tidak menyadari bahwa sesuatu yang sunah jika kita kerjakan secara kontinu bisa menjadi suatu penolong bagi kita di yaumul hisab nanti.
Apa sih sedekah itu?
Sedekah ialah memberikan sesuatu kepada oarang lain dengan mengharap rida Alloh SWT. Sedekah termasuk amalan yang sangat terpuji dan dianjurkan dalam islam. Orang kaya orang miskin sekalipun berhak melakukan sedekah Meskipun manusia itu sedang mengalami kesusahan mereka bukan malah meninggalkan tetapi harus memperbanyak sedekah supaya iman dan takwa kita semakin bertambah tebal.
Jika kita melihat bentuknya sedekah bisa berbentuk apa saja yang penting dalam diri kita dalam memberi sesuatu kepada orang lain harus dilandasi dengan keikhlasan, bahkan menahan diri tidak berbuat keburukan kepada orang lain pun termasuk sedekah. Begitu pula dengan senyum yang manis yang keluar dari kita termasuk dalam hal ibadah. seperti hanya yang dalam sebuah hadist " janganlah sekali-kali engkau meremehkan sesuatu kebaikan walaupun hanya sekedar menyambut kedatangan temanmu dengan wajah (senyum) yang manis" (H.R. Muslim dari Abu Zar : 4760)
Senyum yang manis yang dimaksudkan dalam hadist diatas adalah menghormati orang lain atau teman yang berkunjung lebih disukai dari pada hidangan yang disertai dengan wajah yang cemberut. Oleh sebab itu kaum muslimin hendaknya gemar bersedekah, terutama untuk kaum fakir dan miskin. Disamping itu sedekah yang kita dermakan atau kita keluarkan semasa hidup didunia ini dapat menghapuskan sebagian dosa yang telah kita perbuat serta akan melindungi keselamatan diri kita di akhirat nanti.
Sedekah merupakan tabungan untuk hidup diakhirat kelak. Rasulullah SAW bersabda sedekah itu menghapuskan dosa sebagaimana air memadamkan api (HR. Ibnu Majah dari Mu'az Bin Jabal:3963)  
  

1 komentar: